Senin, 14 Agustus 2017


MENGENAL OKRA



Apa kalian tau apa itu OKRA...? Tanaman ini tidak banyak dikenal di Indonesia bahkan untuk mencari dipasaran pun sulit sekali, hal ini karena kurangnya sosialisasi mengenai manfaat  OKRA. Maka dari itu disini saya akan sedikit mengenalkan apa itu OKRA.




Tanaman Okra (Abelmochus esculentus) atau yang lebih dikenal kacang arab, sebenarnya diduga berasal dari Asia Tenggara, bahkan sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Tanaman ini tersebar ke berbagai daerah tropik dan subtropik seperti India, Afrika Barat dan Brasil, yang pada akhirnya lebih populer di negara-negara Eropa dan Australia. Kurang dikenalnya tanaman sayur ini dikarenakan kita belum mengetahui apa manfaat dan kegunaan tanaman sayur Okra. Selama ini tanaman Okra banyak diambil buah mudanya yang berbentuk silindris meruncing untuk sayur. Bahkan di beberapa negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah Okra ini sangat populer.
Okra mengandung banyak lendir, sehingga buah okra tidak cocok /sesuai untuk sayuran yang diberi air seperti sayur asem/sayur sop. Penggunaan Okra di Indonesia lebih cocok untuk oseng-oseng, tumis, atau campuran “sambal goreng cabe”. Biji dari buah tua Okra dapat dimanfaatkan sebagai bahan industri minyak dan protein, karena Okra memiliki kandungan minyak dan protein yang berkualitas bagus. Selain itu, buah Okra mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi dimana pada setiap 100 gr buah muda Okra mengandung 1 gr lendir, 7 gr karbohidrat dan 70 –90 mg Ca.
Okra termasuk tanaman genus Hibiscus dari famili Malvaceae (kapas-kapasan). Batangnya berwarna hijau kemerahan, tinggi batang tanaman subur mencapai 1,5 sampai dua meter. Daun Okra berbentuk lima jari dan tulang daunnya berbentuk sirip, tangkai daun sepanjang 10-25 cm. Bunga okra berbentuk terompet berwarna kekuningan dan bawahnya berwarna merah tua. Okra termasuk tumbuhan berumah satu (hermaprodhit) dimana pada setiap bunganya terdapat putik dan benang sari. Buah berbentuk silindris panjang, berongga, dan berujung runcing berwarna hijau muda, hijau tua atau hijau kekuningan tergantung varietasnya. Panjang buah Okra mencapai 15-20 cm. Buahnya banyak mengandung lendir, karena setiap 100 gr buah muda terdapat 1 gr lendir.




1 komentar:

  1. Harrah's Reno Casino and Hotel - JTM Hub
    Hotel Amenities Include: ATM & Pool; Internet 원주 출장마사지 Internet; Internet 고양 출장샵 Internet Internet Cable; Internet 태백 출장마사지 Internet Phone; 경기도 출장마사지 Internet Tablet; Internet 파주 출장샵 Tabletop; Internet Phone

    BalasHapus